Telkomsel Kembangkan Strategi Baru

Posted by ISTANA MOTOR / Category:

Tingginya jumlah pelanggan dan tantangan di industri telekomunikasi yang semakin berat telah mendorong Telkomsel mengembangkan strategi baru. Strategi baru diharapkan mampu mendukung pertumbuhan yang tinggi operator ini.

"Telkomsel akan mengedepankan pendekatan pada komunitas, " kata Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, di Jakarta, saat menjelaskan strategi baru yang akan dikembangkan Telkomsel. Sarwoto baru sekitar satu bulan menjabat Direktur Utama menggantikan Kieskenda Suriahardja.

Dalam hal ini, komunitas pelanggan dikelompokkan menjadi dua yakni komunitas pengguna layanan dasar yakni pelanggan yang membutuhkan layanan suara dan SMS serta komunitas pelanggan yang membutuhkan layanan lebih tinggi. "Kelompok kedua adalah pengguna value added services seperti Blackberry, broadband, atau layanan lifestyle yang saat ini marak," kata Sarwoto.

Pendekatan pada komunitas pelanggan, kata Sarwoto, diperlukan guna menjaga loyalitas pelanggan dalam kompetisi yang semakin ketat. Pendekatan pada komunitas diharapkan juga mendukung pertumbuhan pelanggan baru.

Telkomsel juga akan meningkatkan sinergi dengan induk yakni Telkom dan Singapore Telecommunication serta mitra lain. Melalui sinergi diharapkan tercipta cost effisiensi. Telkom menguasai 65 persen saham Telkomsel, sementara Singapore Telecommunication 35 persen.

Berbicara mengenai sinergi Sarwoto menyebut banyak hal bisa dilakukan. Misalnya menara bersama, atau penggunaan network bersama. Untuk meningkatkan IP transit untuk internet, misalnya, Telkomsel akan minta Singtel berbagi kapasitas termasuk pemanfaatan kabel laut Batam-Singapura.

Untuk mendukung layanan 3G pihaknya akan melakukajn sinergi dengan Telkom. " Untuk IP link bisa dimanfaatkan infrastruktur Telkom seperti jaringan metro ethernet. Semua sudah disiapkan untuk Telkomsel. Tinggal plug and play saja, " kata mantan Kepala Infrastruktur Telkom ini.

Strategi lain adalah peningkatan kualitas layanan. Kualitas akan menjadi salah satu aspek penting dalam menarik minat pelanggan saat perang tarif masih terjadi. Dengan demikian kualitas layanan akan menjadi selling point, bukan lagi tarif yang murah.

Disisi lain Telkomsel juga akan mengedepan 3L yakni leading concept, leading system dan leading teamwork. "Elemen elemen ini yang diharapkan mampu mendukung Telkomsel menjaga pertumbuhan yang tinggi," kata Sarwoto.

Hingga akhir tahun 2008 pelanggan Telkomsel mencapai 65,3 juta dengan pertumbuhan pelanggan 17,4 juta atau meningkat 42 persen dibanding tahun 2007 yang mencapai 12,3 juta. Trafik komunikasi pelanggan atau minute of usage meningkat 257 persen dari 25,2 miliar menit pada tahun 2007 menjadi 90,2 miliar menit di tahun 2008.

0 comments:

Post a Comment